Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Solusi Menangani Asam Lambung Menurut Pengobatan Timur

Apa itu Penyakit Asam Lambung?

Penyakit asam lambung atau GERD merupakan sebuah kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan.

Kondisi ini biasa disebut juga sebagai penyakit Refluks Gastroesofagus. Penyakit ini dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut.

Orang yang mengidap penyakit ini biasanya mengalami refluks asam kurang lebih dua kali dalam seminggu, serta gangguan yang parah paling tidak sekali dalam seminggu.

Perbedaan Pandangan Pengobatan Barat dan Timur Mengenai Asam Lambung

Saat menelan, pita otot melingkar di bagian bawah kerongkongan yang disebut juga dengan sfingter esofagus bagian bawah akan rileks. Hal ini untuk memungkinkan makanan dan cairan mengalir ke perut, setelahnya sfingter akan menutup kembali.

Saat bagian ini mengendur karena gangguan atau melemah, asam lambung dapat mengalir kembali ke kerongkongan yang menimbulkan iritasi dan radang.

Salah satu penyebab penyakit asam lambung atau penyakit refluks gastroesofagus yang paling umum adalah hernia hiatus. Masalah ini terjadi ketika bagian atas perut dan sfingter bergerak di atas diafragma, yaitu otot yang memisahkan perut dari dada.

Biasanya, diafragma membantu untuk menjaga asam di perut. Namun karena gangguan ini, asam dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala GERD ini.

Secara garis besar penyebabnya sama, namun yang lupa dibahas dalam perspektif ini adalah kondisi sendi tulang belakang. Pergeseran sendi pada tulang belakang dapat menyebabkan terkompresinya otot dan organ dalam terutama lambung.

Sedangkan dalam pengobatan timur sisi yang paling berpengaruh pada sistem kerja organ pencernaan yaitu sistem emosi kecemasan. Gejolak energi yang ditimbulkan dari bergejolaknya emosi cemas dapat melemahkan sistem cerna. Sehingga dapat melemahkan kinerja pada organ tersebut. Hal tersebut yang menyebabkan beberapa jaringan otot di area itu tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Dalam pengobatan timur, asam lambung ada 2 tipe, yaitu tipe panas dan tipe dingin. Berikut penjelasan sederhananya :

  1. Asam Lambung Tipe Panas
  • Sering Gerah
  • Meningkatnya produksi keringat
  • Perut terasa perih saat mengonsumsi pedas
  • Mual dan diare
  • Sendawa terasa asam
  1. Asam Lambung Tipe Dingin
  • Sering merasa kedinginan
  • Tidak tahan terhadap AC dan kipas angin
  • Perut tidak masalah ketika mengonsumsi pedas
  • Perut perih ketika mengonsumsi makanan dengan rasa asam
  • Mual dan diare
  • Sendawa terasa asam

Dua jenis kondisi asam lambung itu juga mempengaruhi herbal yang dikomsumsi. Bagi asam lambung tipe panas herbal yang sesuai dengan kondisi tersebut yaitu Temulawak, Kunyit, dan Pegagan.

Sedangkan bagi kamu yang bertipe dingin herbal yang sesuai adalah Kayu Manis, Temulawak, dan Lengkuas.

Kenali ciri-ciri asam lambung yang kamu rasakan, lalu silahkan coba resep herbal di atas. Bila tidak ada perubahan silahkan konsultasikan keluhanmu di Whatsapp Rumah Sehat Toms Hepi

Leave a comment