How to live our life to the fullest? “Bagaimana menjalani kehidupan kita hingga sepenuhnya?” Wellness adalah jawaban untuk pertanyaan tersebut. Sejauh ini belum ada padanan kata yang tepat untuk terjemahan wellness tersebut. Wellness bukan hanya sekedar kesehatan pada diri seseorang. Healthiness atau kesehatan, merupakan satu dari beberapa keadaan yang menyusun wellness.

To the mind that is still, the whole universe surrenders.

Lao Tzu

Setiap orang mendambakan dan mengusahakan kesehatan. Kesehatan ialah suatu keadaan tubuh dan jiwa, fisik dan mental, material maupun spiritual yang terbebas dari penyakit. Selain kesehatan, orang juga mengusahakan kesejahteraan ekonomi atau finansial. Tidak memiliki uang, atau harta yang cukup merupakan suatu kesulitan di zaman ini. Kesuksesan secara sosial juga merupakan sesuatu yang diperjuangkan. Orang tidak hanya ingin sehat dan memiliki kesejahteraan finansial, melainkan memiliki kebermanfaat bagi banyak orang. Wellness mencakup semua itu. Sehat, sejahtera, dan dermawan. Jadi, wellness bukan hanya soal seseorang terbebas dari penyakit.

Dalam pengobatan timur, treatment atau penanganan tidak hanya urusan kesehatan fisik. Bukan hanya badan yang terbebas dari penyakit yang menjadi tujuan sederetan terapi atau tindakan pengobatan. Tujuan penanganan di pengobatan timur mengarah pada wellness, seberapa pun skala perkembangannya.

Kesehatan fisik seseorang, juga dipengaruhi oleh kesehatan psikisnya. Begitu pula sebaliknya. Mindset mempengaruhi kesehatan, dan kesehatan juga mempengaruhi mindset. Kebiasaan mempengaruhi mindset, dan mindset juga mempengaruhi kebiasaan. Mindset, kesehatan, dan kerejekian. Semuanya saling terkait. Oleh karena itu, dalam pengobatan timur, tidak dapat dipukul rata bahwa semua orang cukup terapi secara fisik saja, atau semua orang cukup minum herbal saja. Setiap orang unik, dan memiliki kebutuhan terapi yang berbeda untuk mencapai wellnessnya masing-masing. Pencapaian seseorang pada kedaan sehat, bahagia, dan sejahtera ialah salah satu indikator keberhasilan penanganan pasien dalam pengobatan timur.

Secara umum, bagi orang yang secara fisik sudah sehat, namun beberapa variabel lainnya seperti kebahagiaan, kesejahteraan finansial atau kesuksesan secara sosial belum tercapai, maka dikatakan orang tersebut belum mencapai wellness. Terdapat beberapa teknik-teknik dan kebiasaan-kebiasaan untuk mencapai wellness tersebut.

Beberapa teknis akan dibahas pada artikel berikutnya, juga dalam forum diskusi dan konsultasi Rumah Sehat dan Bahagia Toms Hepi.

Stay happy, healthy and rich. Stay well!

Kategori: Kesehatan