Salam sukses, sehat dan bahagia.

Menyambung tulisan saya sebelumnya tentang wellness, dalam tulisan ini akan saya bahas lebih dalam lagi.

Wellness bukan hanya soal sehat fisik. Wellness ialah sebuah gaya hidup yang mengarah tercapainya seluruh variabel kesehatan dalam diri manusia. Variabel kesehatan itu ialah

  • Spiritual. Variabel spiritual ini dipenuhi kesehatannya dengan indikator tercerahkannya seseorang dalam pencapian makna dan tujuan hidup.
  • Fisik. Secara fisik, seseorang mencapai kesehatannya apabila organ berfungsi dengan baik, normal dan pergerakannya juga normal.
  • Pikiran. Variabel kesehatan secara pikiran dan intelektual dipenuhi apabila seseorang berpikir secara benar, berpikir positif, dan terkendali.
  • Emosi. Secara emosi, seseorang dikatakan sehat apabila pengolahan emosi benar, positif, dan terkendali.
  • Pekerjaan. Dalam hal pekerjaan, seseorang mencapai sehat apabila pekerjaan yang dilakukan dapat memberikan kepuasan pribadi dan menghasilkan kekayaan.
  • Finansial. Kesehatan finansial seseorang dapat diukur dari tingkat kepuasan akan kedaan finansial sat ini dan yang akan datang.
  • Sosial. Seseorang mencapai kesehatan dalam variabel sosial apabila dapat mengembangkan rasa keterhubungan dan rasa memiliki secara sosial. Tidak individualis.
  • Lingkungan. Variabel ini dicapai apabila seseorang memiliki kemampuan mengembangkan lingkungan yang mendukung, dan mengarah kepada kebaikan.

Jadi, sehat yang seutuhnya dicapai apabila kedelapan variabel tersebut dipenuhi. Konsep kesehatan ini sangat terkait dengan konsep HIGH-M. Ada metode-metode khusus yang dapat dilakukan untuk mencapai kondisi kesehatan ini. Metode mencapai kesehatan ini tidak sulit untuk dilakukan, bagaimanapun keadaan Anda sekarang.

Pembahasan mengenai metode mencapai wellness ini akan dibahas dalam tulisan-tulisan berikutnya, dan diskusi-diskusi atau konsultasi di Rumah Sehat dan Bahagia Toms Hepi. Ada juga kelas-kelas online di Toms Hepi yang secara khusus membahas ini.

Salam sukses, sehat, dan bahagia.

Kategori: Kesehatan