Indonesia sebagai negara subtropis dengan curah hujan yang cukup tinggi, sering mengalami perubahan cuaca dalam waktu yang singkat.

Dalam sehari kadang hujan bisa setengah hari ataupun lebih. Pada kondisi seperti ini, ketahanan tubuh sangat perlu dijaga agar tidak mudah sakit.

Ada beberapa tips atau cara untuk menjaga tubuh tetap sehat.

 

 

1. Hindari minuman dan makanan dingin/es

Hindari minuman dan makanan dingin selama cuaca sering hujan atau dingin. Mengkonsumsi minuman dan makanan dingin/es dapat mengerutkan otot tubuh dan sistem cerna.

Hal ini juga patut diperhatikan bagi orang-orang yang pernah mengalami cedera otot dan persendian.

Terutama bagi orang yang pernah memiliki riwayat penyakit boyok atau saraf kejepit, sangat mungkin untuk kambuh penyakit lamanya.

2. Kurangi makan buah dan salad sayuran

Buah memiliki efek dingin di tubuh ketika dikonsumsi. Begitu pula sayuran memiliki efek yang sama seperti buah saat dimakan mentah.

Hal itu dapat disiasati dengan memasak terlebih dahulu sayuran dengan campuran bumbu rempah seperti bawang, serai, jahe, dll.

Inilah kenapa budaya memasak di Indonesia pada umumnya menggunakan bumbu rempah-rempah. Juga dibarengi dengan sambal yang terasa panas dan pedas.

3. Olahraga setiap hari

Tubuh manusia dalam kondisi lingkungan yangnrelatuf dingin, otot-otot tubuh akan mengkerut dan sangat mungkin untuk mudah pegal dan letih.

Dalam kondisi tertentu, bisa menyebabkan cidera otot ketika beraktivitas.

Untuk itu lakukan olahraga ringan setiap hari seperti jogging, bersepeda, atau streching ringan. Cukup 15 menit sampai 30 menit olahraga ringan.

Olahraga ringan ditujukan untuk menjaga kelenturan otot dan sendi agar dapat beradptasi dengan kondisi cuaca lingkungan.

 

4. Konsumsi herbal rempah tradisional

Mulai pahami bumbu-bumbu dapur tidak hanya sekedar bumbu masakan saja, tapi juga bisa untuk ramuan herbal.

Buat minuman dari rebusan jahe dan kayu manis untuk menghangatkan badan. Bisa diberi tambahan gula jawa untuk pemanisnya.

5. Kurangi waktu begadang

Ketika cuaca sering hujan, suhu lingkungan cenderung menurun dan tubuh akan mudah terkuras energinya karena berupaya menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Mulai kurangi waktu begadang karena akan semakin menguras energi tubuh. Jika terpaksa harus begadang, setidaknya makan makanan ringan atau berat agar ada tambahan energi untuk tubuh tetap fit saat begadang.

6. Pakai jaket / pakaian hangat ketika berpergian

Apabila anda sedang atau akan berpergian, pakai pakaian hangat seperti sweater atau jaket agar suhu tubuh tetap hangat dan tidak berubah-ubah karena suhu lingkungan sekitar. 

Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan suhu lingkungan, mengingat setiap tempat relatif berbeda suhunya.

Selain itu juga dengan menggunakan pakaian hangat bisa mengurangi terpaan angin ke tubuh yang acapkali membuat tubuh masuk angin.

7. Sedia minyak yang hangat

Ketika tubuh terasa pegal linu atau mungkin meriang, gunakanlah minyak yang hangat dan tidak mengandung menthol.

Oleskan pada bagian tubuh yang dirasa pegal atau sakit. Hal ini dapat meringankan efek sakit di tubuh.

Demikian “Tips Mudah Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan” kali ini. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesahatan setiap waktu.