Waspada dengan cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini. Hal ini akan memaksa kamu untuk beradaptasi dengan cepat.

Hujan, angin, dingin dan kadang-kadang diselingi panas membuat kelembaban meningkat secara drastis.

Gejala yang banyak muncul pada cuaca seperti ini adalah pegal linu, kaku pada otot dan persendian, pilek, batuk, sesak napas, mual. sakit kepala, serta badan lemas dan berkunang-berkunang.

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dan belum dapat menyikapi kondisi tersebut dengan baik dan tepat.

Lalu bagaimana sebaiknya kita menyikapi kondisi tersebut? Simak beberapa langkah dalam menghadapi cuaca ekstrem berikut ini.

  • Gunakan pakain tebal dan hangat

Gunakan jaket, sweater, atau baju penghangat lainnya agar suhu tubuhmu tetap terjaga dan mengurangi terpaan angin kencang terutama ketika bepergian menggunakan kendaraan bermotor.

Lebih baik lagi ditambah menggunakan syal untuk menutupi area leher, karena area leher cukup riskan untuk kemasukan angin.

  • Hindari makanan/minuman es dan buah-buahan

Makanan/minuman es atau dingin dapat membuat stagnasi pada organ tubuh, terutama pada organ sistem cerna.

Buah-buahan juga rata-rata memiliki karakter dingin dan bila dikonsumsi dalam jumlah yg banyak dapat menurunkan energi tubuh, melemahkan sistem cerna.

Es dan buah-buahan akan membuat otot anda kaku dan tidak elastis. terlebih ditambah dengan cuaca ekstrem akan semakin membuat otot tubuh menjadi semakin kaku.

Otot kaku akan mudah memunculkan rasa nyeri, ngilu di bagian tubuh.

  • Konsumsi herbal penghangat

Ketika malam hari, akan lebih baik lagi jika kamu mengonsumsi herbal penghangat, seperti jahe dan kayu manis.

Disini kamu bisa menyduhnya dengan cara direbus saja. Alangkah baiknya jahe setelah dicuci tidak perlu dikupas. Bisa juga ditambahkan dengan gula jawa bagi yang tidak suka dengan aroma dan rasa dari herbal tersebut.

Apabila kondisi ini belangsung lama, dapat menjadi parah karena dapat menarik tulang terutama di area tulang belakang dan berkemungkinan geser posisi tulangnya.

Ingat ya, tetap jaga kondisi tubuhmu, karena kamu sendiri yang lebih tahu dan memahami tubuhmu.