Di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita pasti sering terbesit keinginan untuk liburan, iya kan?

Prosedur kesehatan Pandemi Covid-19 seperti jaga jarak, kurangi tatap muka langsung, bekerja di rumah (Work From Home) akan memberikan dampak tersendiri pada pikiran dan emosi seseorang. Berdiam di satu tempat yang lama, tidak ada gerak fisik, dan hanya berinteraksi dengan orang yang sama akan membuat pikiran seseorang lebih mudah capek.

Maka sangat lumrah kalau orang saat ini berusaha mencari cara untuk liburan melepas    penat walaupun kondisi belum memungkinkan untuk liburan dengan nyaman seperti dulu.

Lalu bagaimana kita bisa tetap liburan nyaman, dan happy di masa pandemi ini?

Berikut tips liburan Happy untuk anda

  1. Ikuti Protokol Kesehatan Covid-19

Ikutilah protokol kesehatan dan peraturan pemerintah yang berlaku. Gunakan masker dan tetap jaga jarak. Jadilah wisatawan yang baik dan benar dengan mengikuti peraturan yang berlaku.

  1. Hindari minuman dan makanan dingin/es

Mengkonsumsi makanan dan minuman dingin/es akan menyebabkan otot-otot tubuh anda kaku dan mengkerut, juga bisa membuat perut anda tidak nyaman. Hal ini dapat mengganggu aktivitas anda saat liburan.

  1. Bawalah pakaian hangat

Cuaca sekarang sedang tidak tentu dan mudah berubah-ubah. Sebaiknya anda membawa pakaian hangat untuk mengantisipasi perubahan cuaca menjadi dingin.

 

  1. Atur mindset selama liburan

Pandemi Covid-19 membuat ketakutan bagi hampir seluruh masyarakat dalam beraktivitas di luar rumah. Kekhawatiran dan ketakutan berlebih membuat system tubuh anda terhambat dan rentan dari penyakit. Cobalah ambil waktu sejenak sebelum berangkat berliburan. Ambil posisi duduk nyaman lalu lakukan meditasi nafas beberapa menit. Munculkan rasa senang, aman dan bahagia saat meditasi. Jadikan rasa ini ada dalam diri anda sejak berangkat sampai pulang dari liburan.

 

  1. Persiapkan perlengkapan obat dan herbal

Apabila anda memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya bawalah obat untuk penyakit itu saat liburan.

Selain itu, anda juga dapat membawa beberapa rempah-rempah herbal untuk menjaga stamina tubuh anda tetap fit. Jahe, lengkuas, kayu manis bisa anda bawa kalau tempat tujuan liburan relatif dingin seperti daerah pegunungan. Kalau tempat tujuannya adalah daerah panas anda bisa bawa lengkuas, kunyit temulawak. Sertakan jahe juga kemana pun tujuan liburan anda, karena jahe bisa untuk mengusir angin dari tubuh anda.

  1. Persiapkan kondisi fisik

Liburan tidak hanya memikirkan kesenangan saat liburannya, tapi juga harus memikirkan kondisi fisik sebelum liburan. Lakukan cek kondisi fisik di pusat-pusat kesehatan langganan anda. Pastikan tubuh anda benar-benar dalam kondisi yang sehat sebelum berlibur. Apabila dirasa sedang tidak enak badan, tundalah jadwal liburan anda hingga kondisi tubuh siap untuk liburan.

Kategori: Kesehatan