Masa Pandemi ini membuat hampir seluruh masyarakat beraktivitas di dalam rumah alias “di rumah aja” sebagai bentuk penanggulangan & pengurangan Covid 19. Betapa bahagianya buat kawula muda era milenial yang hobi utamanya itu rebahan/mager di rumah. Mereka sudah mager jauh sebelum adanya Pandemi Covid 19.

Berdasarkan data klien di Rumah Sehat Toms Hepi, jumlah kasus saraf kejepit atau dislokasi tulang belakang selama pandemi ini lebih banyak dialami oleh kawula muda. Bagaimana tidak, aktivitasnya lebih banyak diam dan main gadget seharian. Aktivitas fisik yang semakin berkurang akan membuat otot dan sendi menjadi kaku dan kurang elastis. Ditambah dengan postur tubuh yang tidak pas, cukup menunggu waktu untuk sendi tulang belakangmu bergeser.

Bagaimana dengan kamu? umur masih muda, main gadget seharian juga? Pinggang mulai terasa gampang pegal? Nah, hati-hati lo. Entar bisa ketemu sama terapis-terapis Toms Hepi.

Nah untuk itu kita pingin kasih beberapa Tips mudah untuk menjaga kesehatan yang sering mager di rumah:

  1. Stretching/peregangan pada pagi hari.

Awali hari setiap pagi sebelum melakukan aktivitas bermacam-macam dengan melakukan stretching/peregangan ringan selama 5-10 menit. Peregangan ini akan sangat membantumu untuk menghadapi berbagai aktivitas. Tentu buat kamu yang mager apalagi sampai akut, melakukan peregangan sangat berguna untuk mengurangi resiko kekakuan otot. Intensitas peregangan boleh ditambah pada waktu sore hari bila perlu.

  1. Sempatkan diri berolahraga

Berolahraga yang cukup menjadi salah satu cara yang dapat membantu metabolisme tubuhmu untuk tetap sehat dan bugar. Selain itu juga dapat meningkatkan semangatmu untuk bergerak dan beraktivitas yang lebih positif dibanding sekedar mager.

  1. Beri jeda setiap beraktivitas lama

Ketika kalian mager, bermain gadget terlalu lama akan muncul rasa tidak nyaman di tangan dan bagian tubuh lainnya. Kenapa? Karena kalian memposisikan tubuh untuk relatif diam pada satu posisi dalam kurun waktu lama. Hal ini akan membuat peredaran energi tubuh tidak lancar, otot kencang dan persendian kaku.

 

Untuk itu, beri jeda setiap aktivitas magermu dengan berdiri, dan jalan kaki sebentar, serta lemaskan anggota tubuh kalian setiap minimal 1 jam sekali.

  1. Makan & Minum air minum yang cukup

Sering orang pada melupakan dunia ketika mager, ngaku nggak? Tidak Cuma lupa dengan orang sekitar kamu, tapi juga lupa kebutuhan fisikmu sendiri. Biasanya sih badan sudah merasa lapar atau haus tapi karena sudah mager mending melanjutkan magernya daripada harus beranjak mengambil makanan dan minuman. Ingat, tubuh kita butuh asupan makanan dan minuman yang cukup setiap harinya. Bahkan dalam kondisi mager pun, tubuh kita tetap aktif dan mengonsumsi energi. Jadi

 

apa salahnya gerak sedikit untuk makan dan minum agar tubuhmu tetap fit dan sehat untuk melanjutkan mager.

  1. Kenali kondisi tubuhmu

Untuk yang satu ini, kamu harus betul-betul tahu seperti apa kondisi tubuhmu. Jangan Cuma ngurusin gossip viral di sosmed saja, tapi juga tubuhmu sendiri harus diurusi. Coba sempatkan cek kondisi tubuhmu di pusat kesehatan seperti Puskesmas, klinik, rumah sakit atau rumah kesehatan tradisional di sekitarmu. Mintalah saran kepada ahli kesehatan dan pengobatan baik berupa treatment terapi, pola makan, atau pola aktivitas yang baik, dan mendukung kondisi tubuhmu tetap sehat. Mengabaikan kondisi tubuhmu hanya untuk mager bukanlah pilihan yang tepat.

 

Demikian tips-tips kesehatan yang mudah untuk kamu yang mager.

Kami nggak melarang orang untuk mager ya. Silahkan saja jika teman-teman ingin mager bermalas-malas ria. Tapi, mager-lah yang cerdas.

Salam Sukses, Sehat dan Bahagia.

 

Penulis :

Syarif H.

Kategori: Kesehatan