Maag memang sering sekali muncul di saat yang tidak tepat. Bahkan sakit pencernaan yang bernama sakit maag ini sering kali dialami oleh orang dengan berbagai usia dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lanjut usia.

Sakit maag adalah penyakit yang menimbulkan rasa nyeri dan panas pada area lambung, adanya peradangan atau luka di area lambung. Jadi sakit maag sebenarnya lebih mengacu kepada gejala penyakitnya.

Sakit maag sering kambuh dengan berbagai gejala yang ditimbulkan di antaranya perut perih, perut panas, nyeri di lambung, muntah muntah, dan nafsu makan menurun

Gejala-gejala tersebut muncul bukan tanpa adanya penyebab, melainkan ada penyebab yang mendasarinya. Karena hukum alam pasti sesuatu terjadi ada hukum sebab dan akibat. Diantara faktor yang menyebabkan maag antara lain :

 

  • Adanya stres, depresi dan emosional

Stres adalah over Dosis penggunaan emosi dan pikiran dalam waktu yang lama baik yang diluapkan maupun yang dipendam. Kepikiran bagian dari stress yakni melibatkan emosi dan dalam waktu yang lama, sementara proses berfikir,kecemasan dan kekhawatiran dikuasi oleh organ  lambung,maka stres yang lama akan melemahkan organ lambung dan mudah sakit.

 

  • Makan pedas yang berlebihan

Memang pedas itu juga dibutuhkan oleh tubuh, dan rasanya kurang sempurna jika makan tanpa sambal atau rasa pedas. Pedas karakternya adalah panas, dalam waktu dan dosis yang berlebihan pedas ini akan membuat dinding lambung menjadi menipis dan berefek ke peradangan lambung sampai ke luka lambung.

  • Makan tergesa-gesa

Makanan dengan tergesa-gesa, sering kali orang melupakan momen menikmati makanan, bukan hanya dengan siapa anda makan, tapi menikmati setiap suap makanan yang masuk ke dalam mulut. Makan dengan tergesa-gesa menjadikan lambung bekerja dua kali lebih keras untuk mencerna dan memproses makanan. Sehingga makanan yang masuk masih sangat kasar dan dapat membuat lambung melemah.

  • Banyak mengonsumsi minuman es dan bersoda

Minuman bersoda banyak ditemui di manapun berada, dengan berbagai kemasan dan bentuknya. MInuman bersoda menjadi salah satu pemicu maag, sebab minuman bersoda itu penghasil gas, dengan karakter lembab dingin yang mengungkung. Saat meminum minuman bersoda yang berlebihan dan dalam waktu yang berkelanjutan akan melemahkan dan melukai lambung.

  • Mengonsumsi obat yang berlebihan dan dalam waktu yang lama.

Obat memang penting bagi porses penyembuhan, namun segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik dan memiliki efek samping. Salah satu di antara penyebab maag adalah mengonsumsi obat obatan dalam waktu lama. Hal tersebut dapat melemahkan dan melukai lambung.

Sakit maag memang ringan namun sering kali mengganggu dan ketika dibiarkan atau penanganan yang kurang tepat dapat memperparah keadaan, maka hindari hal-hal di atas agar anda terhindar dari penyakit maag. Penyakit datang dari pola hidup kita yang salah.

“Sahabat terdekat itu bernama diri sendiri, maka kenali, pahami, rawat, dan cintailah sahabat bernama dirimu sendiri”

 

Salam sukses sehat dan bahagia.

 

Moh.Nurhadi