Emosi merupakan makhluk yang sering muncul di dalam diri manusia, makhluk ini mempunyai banyak jenis nya, ada makhluk marah, gembira, sedih, terkejut, takut, rindu, melamun, berpikir, cinta, khawatir, dan lain sebagainya, makhluk makhluk seperti ini lah yang kita sebut sebagai makhluk emosi dasar manusia.

Mereka bisa saja muncul sendirian atau bersamaan dan berhubungan dengan organ manusia, serta dapat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh organ dalam manusia, bahkan sampai level energi, darah, cairan tubuh, dan seluruh bagian tubuh manusia.

Tak jarang jika susah mengenali makhluk makhluk ini ataupun salah memahami, sehingga tidak mampu untuk mengendalikannya, kemudian yang terjadi adalah gangguan pada organ tubuh kita, muncul gejala gejala negatif, dan akhirnya menjadi sebuah penyakit, baik terjadi secara akut maupun kronis, yang jadi masalah adalah sering kali kita bertemu dengan mereka di dalam diri kita sendiri, baik disadari ataupun tidak.

Dalam pengendalian makhluk emosi ini terlebih dahulu harus berusaha mengenalnya, mendeteksi keberadaannya, memahaminya, mengetahui gejalanya, pergerakannya, penyebabnya, dan dampak akibatnya. Baru kita bisa mengantisipasi dan mengendalikan makhluk makhluk ini. Intinya yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengobservasi makhluk seperti ini terlebih dahulu.

 

Salam Sukses, Sehat & Bahagia,

Kategori: Kesehatan