Menurut perhitungan, musim saat ini dikenal dengan istilah Musim Panen Penggali Kubur. Karena pada musim ini banyak angin dingin & lembab yang mengakibatkan munculnya banyak penyakit. Timbulnya dahak di perut & dada, kepala pusing, meriang, batuk, sakit perut cukup sering terjadi. Banyak pula yang mengalami kekakuan di leher & punggung. Terutama bagi orang yang pernah mengalami saraf kejepit, biasanya pada musim seperti ini akan kambuh. Serta nyeri, pegel, linu pada kaki & persendian.

Musim seperti ini sebaiknya jangan sampai salah dalam memilih makanan. sebab makan sangat berkontribusi dalam memperparah kondisi sakit. Tetap berpikiran positif & bai dalam berprasangka. Pikiran dan Emosi yang berlebih mengkonsumsi darah dan energi. berkurangnya darah dan energi membuat tubuh lemah, sehingga sakit.

Berikut tips untuk menghadapi musim panen penggali kubur :

  • Hindari makanan/minuman yang bersifat lembab-dingin

Cuaca/musim seperti ini baiknya jangan mengkonsumsi makanan/minuman yang bersifat dingin. Es, Buah-buahan, dan kelapa muda sebaiknya dihindari dulu. Makanan/minuman yang bersifat dingin tersebut dapat membuat energi tubuh menurun, dan menurunnya organ pemanas tubuh. Sedangkan jika tubuh tidak mampu beradaptasi dengan cuaca yang seperti ini, tubuh akan terlalu dingin, dan mudah diserang penyakit.

  • Makan makanan yang bergizi

Saat musim seperti ini tiba, daging/hewani sangatlah disarankan. Sifat daging yang panas dapat membantu tubuh beradaptasi dengan musim yang sangat dingin dan banyak angin. Selain itu, nasi & sayuran juga bisa menjadi penyeimbang dalam makanan yang akan dikonsumsi. Sedikit rasa pedas sangatlah disarankan. Rasa pedas akan membantu menghangatkan tubuh dari dalam.

  • Minum minuman hangat

Selain makanan, pembaca juga dapat mengkonsumsi minuman yang hangat, teh hangat atau kopi misalnya. Bisa juga anda tambahkan campuran herbal penghangat seperti Jahe dikeprak atau Kayumanis.

Toms Hepi mempunyai produk herbal bersifat panas/hangat yang cocok untuk menghadapi musim seperti ini, Madu Herbal Ma’zun. Pembaca dapat mendapatkannya di Rumah Sehat Toms Hepi atau membeli secara online via kontak yang tertera di laman profil.

  •  Kurangi aktifitas di luar

Terpaan angin yang kencang & bersifat dingin membuat tubuh drop. Maka dari itu, sebaiknya jangan terlalu banyak beraktifitas di luar rumah yang langsung terkena paparan angin. Biasanya orang yang terkena paparan angin dingin lembab seperti ini akan merasakan Linu pada persendian, mual, pusing, badan terasa berat.

  • Olahraga Ringan

Selain makanan & minuman seperti yang di atas. Olahraga ringan juga membantu menghangatkan tubuh, asal tidak sampai keletihan, cukup streching (peregangan). Lakukan kurang lebih 15-30 menit hingga tubuh mengeluarkan sedikit keringat. Jangan sampai terlalu banyak mengeluarkan keringat, sebab keringat yang banyak ditambah terkena terpaan angin dingin dapat memunculkan patogen angin dingin eksternal yang bisa mengungkung panas inernal. Akibatnya tubuh akan mengalami peradangan pada organ tertentu, dan stagnasi sumbatan.

 

Kategori: Kesehatan