Setelah membahas mengenai manfaat temulawak, sekarang kita akan membahas tentang manfaat kunyit. Kunyit merupakan herbal yang sering kita jumpai, biasa dijadikan bumbu masakan, terkadang juga dijadikan obat. Apalagi bagi sebagian wanita, memang biasanya digunakan untuk memperlancar datang bulan ketika terasa nyeri.

Tapi sebelum masuk lebih dalam tentang manfaat kunyit, mari kita kenali karakternya terlebih dahulu. Kunyit mempunyai rasa yang pedas dan pahit serta mempunyai sifat yang hangat (empu akan berbeda dengan rimpangnya, rimpang kunyit cenderung dingin).

Fungsi dari kunyit adalah sebagai pelancar darah dan energi. Karena fungsinya tersebut maka kunyit bermanfaat untuk melancarkan menstruasi, meredakan nyeri, segala jenis radang, tensi tinggi, mempermudah persalinan, peluruh kentut, dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain punya banyak manfaat, kunyit juga mempunyai efek negatif jika dikonsumsi dalam kondisi yang kurang tepat, seperti ibu hamil, orang yang mempunyai batu empedu yang sudah menyumbat total, lambung yang terlalu asam, atau wanita dengan darah haid yang terlalu banyak.

Tetap selalu konsultasikan dengan ahlinya ketika akan mengonsumsi herbal.