Temulawak telah dikenal luas di masyarakat. Selain mudah dijumpai, herbal tersebut juga mempunyai harga yang terjangkau. Lalu apa manfaat dari temulawak? Sebentar.. sebelum membahas manfaat, akan dijabarkan dulu bagaimana karekter energinya, agar tahu bahwa temulawak kontraindikasi untuk kondisi yang seperti apa. Kok ada kontaindikasi juga? Katanya herbal aman dikonsumsi siapa saja? Iya, herbal itu seperti obat tetap berlaku indikasi, kontraindikasi, & efek samping, seperti yang dibahas pada tulisan sebelumnya AWAS! JANGAN SAMPAI SALAH KONSUMSI HERBAL

Temulawak mempunyai rasa yang pedas, pahit & berbau tajam, energinya masuk ke organ liver, empedu, paru-paru dan jantung. Sifatnya sejuk cenderung dingin sehingga tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang kurang darah, sering kedinginan, dan terlebih untuk ibu hamil.

Fungsi temulawak adalah sebagai pelancar darah dan energi, sehingga dapat berguna untuk penenang, meredakan kegelisahan, kejang-kejang, sakit karena trauma, melancarkan empedu, meredakan sakit di dada, rusuk, dan nyeri ketika menstruasi. Selain itu, temulawak juga bermanfaat meningkatkan nafsu makan akibat kekurangan cairan empedu di saluran cerna, mengatasi penyakit kuning, radang ginjal, radang kantung empedu, batu empedu, kolestrol tinggi, dan haid tidak lancar.

Manfaat yang jarang diketahui dari temulawak adalah dapat menghilangkan flek hitam di wajah, jerawat, dan memperlancar produksi ASI.

Itulah banyak manfaat dari temulawak, tetap konsultasikan kepada ahlinya sebelum mengonsumsi herbal.