Apakah anda masih ingat pelajaran sekolah sewaktu SD? Ada pelajaran Bahasa Indonesia tentang antonim atau lawan kata. Sebagian kata memiliki lawan kata misal kata “atas” dengan “bawah”, “besar” dengan “kecil” dan masih banyak lagi.


Oke, kita tidak akan melanjutkan pembahasan antonim atau pelajaran sekolah lainnya karena yang akan dibahas kali ini adalah konsep yin yang atau hukum keseimbangan alam.


Konsep Yin Yang sudah lama dikenal di China sejak ribuan tahun lalu. Beberapa wilayah yang lain juga mengenal konsep Yin Yang dengan sebutan lain sesuai bahasa yang digunakan. Yin Yang sendiri menurut bahasanya memiliki arti perempuan dan laki-laki. Semuanya memiliki konsep yang sama yaitu keseimbangan. Keseimbangan yang dimaksud adalah segala sesuatu terdiri dari berbagai komponen yang tidak dapat berdiri sendiri dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya.


Kita pasti menemui konsep keseimbangan dalam berbagai aktifitas, baik disadari ataupun tanpa disadari. Ketika lapar, kita akan langsung mencari makanan. Ketika kedinginan, kita langsung mencari pakaian atau apapun agar tubuh kita hangat. Dapatkah anda hitung sendiri berapa kali dalam sehari anda beraktifitas menggunakan konsep keseimbangan?
Lalu bagaimana konsep Yin Yang atau konsep keseimbangan dalam makanan?
Makanan atau minuman yang kita konsumsi memiliki sifat-sifat tersendiri. Ada 4 sifat secara garis besar yaitu panas, dingin, kering, lembab.


Misalnya buah semangka memiliki sifat dingin sedangkan jahe memiliki sifat panas. Saat malam hari berada di gunung atau bukit, apa yang akan anda pilih? Minum jus semangka atau wedang jahe? Tentu anda akan lebih memilih wedang jahe. Kenapa? Karena dalam kondisi lingkungan yang dingin tubuh akan berusaha mencari makanan yang bersifat panas. Sebaliknya, jika kondisi cuaca panas maka kita akan cenderung menginginkan makanan yang bersifat dingin seperti buah-buahan.


Jadi bagaimana caranya menjaga keseimbangan dalam hal makanan?


Jawabannya cukup sederhana. Jangan makan hanya satu jenis makanan. Makanlah berbagai jenis makanan entah itu sayur, buah-buahan, daging atau biji-bijian. Kita jangan membatasi makanan hanya pada sayur saja, atau buah-buahan saja. Kita juga harus makan daging. Ingat manusia dikategorikan sebagai mahluk omnivora atau pemakan nabati dan hewani. Sejak lahir kita sudah dibekali tubuh yang bisa mengolah berbagai jenis makanan.


Apakah sudah mulai memahami tentang Yin Yang atau keseimbangan dalam area makanan? Kalau belum, kita akan ulas lebih dalam lagi dalam artikel-artikel selanjutnya.

Kategori: Kesehatan