Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat Terapi Pijat Kretek

Terapi Pijat Kretek menjadi salah satu metode pengobatan yang ramai diperbincangkan 3 tahun belakangan ini. Terapi Pijat Kretek merupakan salah satu bentuk terapi yang sudah ada sejak jaman dahulu. Terapi ini awalnya dikembangkan di salah satu kuil shaolin di china, sebelum pada akhirnya dibawa dan dipopulerkan di Jepang dengan nama Yumeiho. Terapi ini dilakukan oleh terapis dengan menekan bagian anggota tubuh dan teruji secara empiris mampu meringankan penyakit, khususnya keluhan di area sendi, otot, dan tulang.

Pijat kretek ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan orang. Bagi mereka yang memiliki masalah tulang, otot, dan sendi butuh manipulasi langsung dari seorang profesional terlatih dan memiliki ijin Surat Terdaftar Terapis Tradisional (STPT) dari Dinkes setempat.

Apa saja sih manfaat dari Terapi Pijat Kretek?

1. Menjaga Mobilitas Sendi, dan Melenturkan Otot
Sendi dirancang untuk selalu bergerak, di dalam sendi terdapat cairan pelumas yang keluar jika sendi tersebut bergerak. Jika seseorang jarang menggerakkan sendinya, maka pelumas tersebut tidak akan mengeluarkan cairan tersebut, dan lambat laun sendi akan aus dan susah digerakkan.

Begitu pula dengan otot, otot yang baik adalah otot yang kuat dan elastis. Elastisitas otot ini didapatkan dengan cara digerakkan. Sedangkan kekuatan otot didapatkan dengan gerakan mengangkat beban. Tentu gerakan itu tidak sembarangan dilakukan, harus mengikuti cara atau teknik tertentu.

Terapi Pijat Kretek selain mampu mengatasi permasalahan tulang belakang seperti skoliosis, juga mampu menangani permasalahan sendi lainnya. Cedera akibat keseleo atau terkilir juga dapat disembuhkan dengan terapi ini. Seharusnya jika terjadi masalah pada salah satu sendi, yang dibenahi tidak hanya bagian itu saja. Karena manusia tercipta sebagai individu yang utuh dan berkesinambungan semua bagian tubuhnya mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki.

2. Mengurangi Ketergantungan pada Obat Pereda Nyeri
Pada tahun 2020 terdapat penelitian yang membandingkan jumlah resep obat pereda nyeri yang diberikan untuk orang dewasa. Hal tersebut dapat mengakibatkan menurunnya sensitifitas saraf jika dilakukan rutin.

Dalam penelitian tersebut menemukan, orang dewasa yang rutin melakukan Terapi Pijat Kretek lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan resep obat pereda nyeri untuk mengatasi rasa sakit mereka dibandingkan dengan mereka yang hanya menemui dokter.

3. Mengurangi Nyeri pada Tulang Belakang
Terapi Pijat Kretek diklaim sebagai pilihan pengobatan yang baik dibandingkan metode lainnya, seperti pembedahan atau suntikan untuk mengobati nyeri punggung jangka pendek atau kronis.

Ada salah satu tamu di Rumah Sehat Toms Hepi dengan keluhan nyeri di area tulang belakang akibat kecelakaan melakukan pengobatan barat dan timur secara bersamaan. Menurut dokter yang memberikan penanganan, laju suntikan pereda nyeri lebih cepat dan efektif bekerja setelah tamu tersebut menjalani terapi pijat kretek.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sendi dan tulang memang menjadi tempat menempelnya otot dan pembulut darah. Jika seseorang mengalami pergeseran sendi maka kemungkinan besar juga mengalami sumbatan pembuluh darah.

Dengan melakukan pijat terapi kretek yang rutin, pergeseran sendi dapat diminimalisir, sehingga mengurangi sumbatan pada pembuluh darah. Selain itu otot dapat kembali elastis dan kuat.

5.Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf secara Keseluruhan
Selain menjadi tempat menempelnya pembuluh darah, sendi juga sebagai tempatnya saraf-saraf. Pada sendi tulang belakang saja terdapat 33 pasang saraf yang mensarafi seluruh anggota tubuh manusia.

Maka tak jarang orang yang mengalami pergeseran sendi tulang belakang pasti mengalami saraf kejepit (HNP). Masalah tersebut jika tidak segera ditangani dapat mengakibatkan kelumpuhan sementara bahkan sampai permanen.

6. Mengurangi Stres dan Merelaksasi Pikiran
Ketika sendi sudah pada posisi yang semestinya, pembuluh darah tidak ada sumbatan dan darah mengalir dengan lancar, serta otot yang kendur dan elastis, maka sensasi yang dirasakan adalah rileks dan nyaman.

Tak jarang tamu di Rumah Sehat Toms Hepi pasca diterapi merasa nyaman, dan merasa ingin tidur sejenak karena saking rileksnya. Kapan lagi kamu menemukan kenyamanan seperti ini kalau tidak sekarang juga?

Segera kunjungi Rumah Sehat Toms Hepi

 

Leave a comment