Tahun baru hijriyah kali ini sangatlah spesial. Bertepatan dengan bulan Agustus yang identik dengan bangsa Indonesia. Di usianya yang menginjak angka 76 tahun, bangsa Indonesia menemui banyak ujian dan cobaan. Pandemi covid serasa tak ada habisnya. Perubahan sistem yang entah kemana, semakin merisaukan warga Indonesia. Namun, di tahun baru ini, mari kita menuju perubahan ke arah yang lebih baik.

Berdasarkan hitungan kalender Jawa, tahun baru kali terbilang sangat baik. Di dalam penanggalan tradisi Jawa, mengenal penanggalan hari, pasaran, tahun, dan windu. Ada 7 hari Ahad, Senin, Selasa, Rebo, Kemis, Jumah, dan Setu. Sedangkan pasaran ada 5, yakni Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Tahun di Jawa memiliki 8 penanda tahun, yakni Alip, Ehé, Jimawal, Jé, Dal, Bé, Wawu, dan Jimakir. Sedangkan ada 4 penanda windu, yaitu Windu Adi, Windu Kuntara, Windu Sengara, dan Windu Sancaya.

Setiap tahun Jawa, menggunakan 1 Muharram atau 1 Sura sebagai awal permulaan tahun, dan tiap tahun jawa memiliki ciri-ciri yang di gunakan untuk mengetahui nama tahunnya yang berdasar pada hari dan pasaran, misalnya jika 1 Muharram atau 1 Sura bertepatan pada hari Selasa Pon, dari hari dan pasaran tersebut dapat diketahui bahwa tahun tersebut memasuki tahun Alip di tahun Jawa.

Menariknya, tahun 2021 ini tanggal 1 Muharram (Sura) bertepatan dengan Hari Selasa Pon yang berarti bahwa tahun ini adalah tahun Alip, atau tahun yang pertama. Sedangkan windunya adalah Windu Sancaya, yang merupakan windu terakhir dalam perputaran siklus 32 tahunan.

Windu Sancaya memiliki arti kekumpulan (persahabatan), Sancaya berarti silahturahmi, seperti sifat periang dan ramah satu sama lain. Windu Sancaya cocok untuk mempersiapkan diri hal-hal yang diperlukan untuk melakukan pembangunan atau kebangkitan. Windu Sancaya juga windu untuk melakukan refleksi terhadap apa yang sudah dikerjakan atau diperjuangkan.

Maka di tahun dan windu kali ini, Toms Hepi Wellness center banyak merefleksi sistem dari dalam. Terbentuknya sistem dan aturan main di dalam tubuh perusahaan, merupakan sebuah langkah konkret Toms Hepi Wellness Center dalam mewujudkan perusahaan profesional yang bergerak di bidang Wellness Industry . Peningkatan skill para personil, profesionalitas kerja para personil, dan peningkatan pelayanan hospitality (pelayanan yang penuh keramahan) menjadi modal berharga ke depannya.

Harapannya di tahun ini pula kita bisa semakin bangkit, serta bertambah Sukses, Sehat, dan Bahagia, seperti yang kita jadikan motto selama ini. Teruntuk bangsa Indonesia, marilah di tahun ini kita terus merefleksi diri untuk selalu Positive thinking, dan Positive Feeling, agar badai pandemi ini segera berakhir. Amin.

Selamat Tahun Baru, temans.

Selasa Pon, 1 Muharram 1443 H, 1 Sura Alip 1955.

 

 

Penulis :

Muhammad Taqwim L.

Kategori: Kesehatan