Gerd atau orang umum menyebutnya dengan asam lambung banyak dialami oleh orang zaman sekarang, baik kalangan anak muda, dewasa dan lanjut usia. Setiap orang bisa mengalami gejala naiknya asam lambung. Karena setiap orang memiliki lambung yang terus memproduksi asam lambung, yang membedakan adalah dosis asam lambung yang dikeluarkan oleh lambung. Sedangkan gerd adalah penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya produksi asam lambung yang berlebihan.

Meningkatnya produksi asam lambung yang bersifat gas membuat Mulut terasa pahit, Sering sendawak, Bau mulut, Tenggorokan panas, Ulu hati panas dan nyeri, Nafas berat dan sampai sesak, Mualmuntah, dan Susah tidur

Banyak faktor yang menyebabkan gerd, berikut ini penyebab-penyebab penyakit gerd :

  • Stress

Stress menjadi salah satu faktor utama yang menjadi sebab gerd / asam lambung naik, penderita gerd/ asam lambung secara umum lebih banyak dominan ke emosi kecemasan,kekhawatiran dan beban pikiran yang berlebihan.

Hal ini terkait erat hubungan antara emosi, pikiran dan organ dalam (Fisik). Proses berfikir, kecemasan dan kekhawatiran dikuasi oleh organ lambung. Maka ketika cemas, khawatir yang berlebihan dalam waktu lama, akan menyebabkan lambung melemah dan ini menjadi pemicu naiknya asam lambung.

  • Salah makan ( es, buah-buah kecut, pedas yang berlebihan)

Bagi penderita gerd atau asam lambung, seharusnya sangat berhati-hati dalam memilih menu makanan. Sebab jika salah makan akan memicu gerd atau asam lambung meningkat, diantara makanan yg harus dihindari oleh penderita gerd/ asam lambung: Es, Buahbuahan kecut, dan Pedas yg berlebihan.

Es dengan karakter dingin menyebabkan stagnasi/sumbatan pada area energi dan darah, serta menurunkan energi pada tubuh terlebih lambung. Sama halnya dengan Es, Buah dengan rasa kecut juga menurunkan energi pada tubuh.

Setiap rasa juga berhubungan dengan organ dalam manusia, termasuk rasa kecut/asam. Rasa Kecut/asam masuk ke liver, dan sifat kecut ini dapat mengerutkan otot. Hal ini dapat dilihat dari ekspresi ketika orang mengkonsumsi makanan kecut maka wajah mengekspresikan kerutan. Kerutan tersebut tidak terjadi pada wajah saja, melainkan otot organ lain pun juga mengalami pengkerutan. Bagi penderita gerd/asam lambung jika mengonsumsi  buah buah rasa kecut berlebihan akan membuat liver ekses. Sedangkan liver yang ekses ini menindas/melemahkan lambung.

Rasa pedas masuk ke organ paru paru, paru paru menguasai emosi bernama kesedihan. Penderita gerd/asam lambung saat menkonsumsi makanan pedas yang  berlebihan akan melukai lambungnya. Karena pasangan organ paruparu adalah usus besar, maka tak jarang bagi penderita gerd mengalami perih di perut hingga diare.

  • Faktor pergeseran sendi tulang belakang.

Bagi penderita gerd/asam lambung juga harus memperhatikan postur tubuh yang berhubungan dengan send-sendi tulang belakang. Kebanyakan hal yang dirasakan oleh penderita gerd biasanya disertai sakit pada pinggang, kaki, dan punggung. Hubungan gerd dengan sendi tulang belakang terkait salah satu fungsi tulang belakangan adalah menjaga posisi organ-organ agar tetap pada tempatnya dan yang mensyarafi semua organ dalam. Adanya pergeseran sendi tulang belakang, dapat menyebabkan gangguan saraf pada organ dalam.

  • Cuaca

Cuaca merupakan faktor eksternal yang menjadi penyebab sakit. Perubahan cuaca perlu diwaspadai oleh penderita gerd. Sebab perubahan cuaca selalu menuntut tubuh untuk adaptasi dengan cuaca, proses adaptasi ini membutuhkan dan menguras banyak energi dalam tubuh, dan sering kali proses adaptasi ini membuat tubuh mudah drop.

Beberapa faktor penyebab gerd di atas yang paling sering dirasakan oleh kebanyakan orang adalah pikiran dan emosi. Maka dari itu, penting bagi kita untuk selalu berpikiran dan berprasangka positif. Sebab awal mula penyakit dari pikiran dan perasaan kita sendiri.

Jika diantara pembaca ada yang mengalami gejala-gejala di atas segera konsultasikan kepada kami. Hubungi Customer Care kami yang tertera di laman kontak, atau pembaca bisa langsung berkunjung ke rumah sehat Toms Hepi. Kami juga menyediakan layanan Home Care untuk anda yang ekstra sibuk. Info mengenai layanan Home Care bisa anda cek di akun Media Sosial kami.

Stay positive thinking and positive feeling.

Salam Sukses, Sehat, dan Bahagia.

 

 

 

Moh.Nurhadi

 

Terapis & konsultan Rumah sehat toms hepi.

Kategori: Kesehatan