Bicara mengenai kopi, ada banyak hal yang menarik dibicarakan mengenai sebiji kopi, dari jenis bijinya, cara pengolahan, sampai cara penyeduhan.

Selain itu, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari kopi. Diantaranya, kopi bisa meningkatkan fokus kita, kandungan cafein di dalam kopi jika dikonsumsi sesuai kadar dapat meningkatkan fokus kita. Namun, tidak banyak yang tahu, ada manfaat lain yakni dari cara penyeduhan kopi. Dari proses penyeduhan kopi, kita bisa memberdayakan diri.

Sebelum memulai ritual menyeduh kopi, kita tuangkan atensi ke dalam kopi yang akan kita seduh. Saat kita menyeduh kopi, utarakan dalam hati harapan apa yang kita inginkan untuk orang yang akan kita suguhi. Harapan tersebut kita tuangkan bersamaan dengan saat kita menuangkan air mendidih ke dalam cangkir. Dan harapan itu kita munajatkan bersamaan dengan saat kita mengaduknya.

Harapan tersebut bisa seperti ini, kita ingin orang yang minum kopi tersebut menjadi lebih bersemangat, tambah sehat, sukses, dan bahagia. Hadirkan pula rasa bahagia dan syukur selama proses pembuatan kopi berlangsung, jika perlu sambil tersenyum. Kemudian saat mengaduk kopi, kita bayangkan ekspresi orang itu menjadi cerah, berseri-seri, tersenyum bahagia saat meminumnya.

Sebenarnya yang nikmat dari kopi, bukan hanya dari rasa dan aromanya saja, melainkan dari atensi rasa yang kita seduh bersama dengan bubuk kopi dan tambahan sedikit gula. Kenikmatan semakin memuncak ketika kita meminumnya dengan orang yang sejiwa, sehati, dan sefrekuensi. Selamat menikmati kopi anda, dan salam sukses, sehat, serta bahagia, dari saya “Barista” di klinik “Toms Hepi”.

Ditulis Oleh:

Galih Teo F