tcm-traditional chinese medicine

Dalam dunia kesehatan ada 2 madzhab besar keilmuan yaitu ilmu pengobatan barat dan ilmu pengobatan timur. Tentu yang dimaksud ilmu pengobatan barat adalah keilmuan yang digunakan oleh pusat-pusat kesehatan saat ini seperti rumah sakit, puskesmas dan lainnya dengan kiblat keilmuan dari Amerika dan beberapa wilayah di Eropa. Sedangkan ilmu pengobatan timur berklibat pada keilmuan lokal setempat. ilmu pengobatan timur berkembang di wilayah Asia seperti Arab, China, Indonesia dan wilayah-wilayah Asia lainnya.

Ilmu pengobatan barat yang berkembang pesat di wilayah Amerika dan Eropa memiliki dasar keilmuan yang berasal dari penelitian oleh para ahli dan peneliti terhadap suatu kasus. Kunci utama dalam penelitian adalah kesepakatan. Hasil penelitian akan dianggap benar dan dijadikan standar di dalam keilmuan setelah disepakati oleh mayoritas ahli dan peneliti. Kemajuan teknologi menjadi pondasi utama dalam perkembangan ilmu pengobatan barat.

Sedangkan ilmu pengobatan timur berkembang di wilayah-wilayah Asia dengan landasan keilmuan pengalaman empiris, melalui tafakur, pemikiran dan perenungan nenek moyang selama ribuan tahun. Setiap wilayah memiliki ragam ilmu pengobatan karena dipengaruhi oleh norma dan budaya yang berlaku di tempat tersebut. Kita sering melihat bagaimana ilmu pengobatan timur dipraktekkan di film-film laga kolosal yang tayang di tv ataupun media lainnya. Memang tidak semudah dan sesederhana itu, tapi sedikit banyak itu bisa menggambarkan seperti apa ilmu pengobatan timur.

Seringkali orang-orang memisah-misahkan keilmuan pengobatan timur dengan dasar perbedaaan wilayah dan berkata keilmuan di wilayahnya sendiri yang paling sempurna, lebih baik dari yang lainnya. Tentu semua itu dipengaruhi oleh ego setiap orang yang mempelajari keilmuan tersebut. Namun pada dasarnya, ilmu pengobatan timur memiliki dasar yang sama yaitu konsep dan kaidah. Semua yang tergolong dalam ilmu pengobatan timur berdasarkan pengalaman empiris, lewat tafakur, pemikiran dan perenungan nenek moyang kita selama ribuan tahun dengan landasan hukum alam yang diamati, dituntun oleh intuisi dan naluri luhur dengan mempertimbangkan segala aspek yang mempengaruhi kesehatan manusia (holistik). Ketika memahami kaidah Pengobatan Timur, kita akan memahami bahwa semua Pengobatan Timur mempunyai konsep dan kaidah keilmuan yang sama, dan hanya istilah serta pengembangannya yang berbeda, sesuai dengan budaya yang berkembang di sekitarnya.