Rutinitas sehari-hari — memperhatikan kondisi kamar mandi — temukan relaksasi saat mandi.

Asiik banget ya ngrumpi sama tetangga..

Kita sering mendengar kabar dari tetangga maupun keluarga tentang seseorang yang habis jatuh dari kamar mandi lalu stroke. Stroke dalam kaidah ilmu Traditional Chinese Medicine (TCM) merupakan angin yang masuk ke organ liver. 

tapi kali ini ngrumpinya bermanfaat. sssttt.. kita simak aja yuk

Salah satu fungsi dari liver adalah menghidupi tendon otot. Namun ketika energi angin masuk ke liver, liver mengalami penurunan kinerja. Sehingga dapat mengakibatkan tendon otot menjadi kaku atau tak bertenaga.

Perbedaan suhu dan kelembapan pada kamar mandi membuat tubuh kita mengalami ketidakseimbangan secara mendadak. Sehingga berdampak besar pada sistem organ dan gerak manusia.

Nah, gitu buk.. langsung dibersihin deh kamar mandinya, biar nurunin kelembapan..

Tak heran jika banyak orang mengalami masalah pada kesehatan tubuhnya ketika memasuki kamar mandi. Kita yang masih muda, dan memiliki ketahanan tubuh yang kuat terkadang masih merasakan pusing, atau mual ketika kita masuk kamar mandi. Apalagi mereka yang sudah lanjut usia, tubuh sudah mengalami banyak penurunan performa.

Gosok sampai bersih ya buk.. besok si Bapak suruh pasang ventilasi juga ya buk..

Saran dari Toms Hepi agar mandimu menyehatkan dan dapat merelaksasi pikiran.

Ventilasi pak.. bukan kipas angin.. makin lembap ntar..

Sirkulasi udara yang baik di dalam kamar mandi sangatlah disarankan. Karena dapat mengurangi perbedaan suhu serta kelembapan yang mencolok antara di dalam dan di luar kamar mandi, sehingga tubuh tidak kaget. 

Mungkin awalnya dari kaki..

Kami juga menyarankan ketika mandi basuhlah mulai dari kaki naik sampai ke kepala. Hal ini dimaksudkan agar panas tubuh bisa keluar dengan baik tidak terhambat seperti ketika langsung mengguyurkan air di kepala.

Ini tetangga ibuk yang nggak ikutan ngrumpi, ketinggalan informasi penting dia..

Mandi pada malam hari juga tidak kami rekomendasikan, karena pada malam hari udara jadi lebih dingin, dan tentunya dapat meningkatkan resiko terkena penyakit. Jika memang terpaksa harus mandi di malam hari, gunakanlah air hangat, atau bisa ditambahkan garam laut.

Ini foto ibuk yang ngikutin terus saran dari kami, sehat, dan cantik.. hehehe

Di sisi lain mandi juga mempunyai manfaat yang dapat menyehatkan tubuh dan merelaksasi pikiran. Karenanya mandi juga bisa menjadi sarana meditasi yang luar biasa. Pembahasan tentang cara meditasi mandi akan kami bahas pada tulisan selanjutnya.

Ikuti terus update dari Toms Hepi Wellness Center.

Kategori: Kesehatan