MEMBANTUMU UNTUK LEBIH SEHAT DAN BAHAGIA ⎻ BERINVESTASI DI BIDANG KESEHATAN DENGAN MEMPELAJARINYA ⎻ MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KLASIK (NYANTRIK)

Visualisai proses nyantrik di sebuah pertunjukan wayang

Cantrik menurut KBBI berarti pengikut. Secara harfiah cantrik bermakna pengikut atau murid yang sedang mendalami keilmuan tertentu. Rumah Sehat Toms Hepi memakai istilah cantrik untuk seseorang yang sedang mendalami ilmu terapi kepada Master Tomy Aditama, namun ia bukan dari struktur resmi perusahaan Toms Hepi Wellness Center. 

Cantrik ini yang nantinya akan berperan menjalankan terapi di luar program Rumah Sehat Toms Hepi, namun masih di bawah pengawasan Toms Hepi. Harapannya dengan adanya cantrik terapis ini, dapat meminimalisir kasus penyalahgunaan pengobatan tradisional.

Cantrik di sebuah pesantren sedang mengerjakan tugasnya

Karena akhir-akhir ini banyak bermunculan terapis yang tidak dibarengi dengan keilmuan mumpuni. Akibatnya bukan sembuh dan sehat yang didpatkan, malah justru memperparah sakitnya.  Kebanyakan orang ini hanya bermodalkan ilmu yang bertebaran di dunia maya yang tak jelas sumbernya. Program “Cantrik Terapi” ini harapannya juga dapat menjawab permasalahan tersebut.

Master Tomy Aditama membuat program ini sebagai wujud bakti sosial kepada masyarakat, dan memperkenalkan keilmuan tentang tulang dan persendian. Ketika semakin banyak orang yang paham tentang ilmu terapi reposisi tulang ini harapannya orang di luar lingkungan Toms Hepi dapat memahami sepenuhnya betapa pentingnya tulang dan sendi bagi kesehatan tubuh manusia. 

Salah satu cantrik Toms Hepi yang sedang membaca Al-Quran

Ada sebuah sistem yang nantinya di bentuk dalam program ini. Salah satunya seseorang yang hendak nyantrik diharapkan akad terlebih dahulu kepada Guru Tomy, setelah itu ada transaksi mahar sebagai wujud bakti kita kepada sang Guru dan hormat kita kepada ilmu yang akan kita pelajari dari beliau. 

Mahar ini tentunya tidak mengikat dan memberaktkan. Terkadang Master Tomy meminta mahar seperti membaca Alquran 1 Juz setiap hari, membaca sholawat, atau memberikan jasa lainnya. 

Nah, bagi kamu yang memiliki kelebihan di bidang materi, bisa juga dijadikan mahar. Intinya mahar itu tidak mengikat secara materi, yang jelas harus ada mahar. Karena dalam tradisi keilmuan memang harus ada mahar yang kita berikan kepada sang Guru.

Dari sini kita dapat memahami bahwa betapa berharganya sebuah ilmu pengetahuan. Di sisi lain, Master Tomy juga memberikan pemahaman bahwa apapun ilmu yang ditekuni oleh seseorang, harus jelas silsilah keilmuan tersebut, termasuk keilmuan terapi.

Salam Sukses, Sehat, dan Bahagia

Kategori: Kesehatan