Pentingnya Menjaga Posisi Duduk ─ Pekerja Kantoran Harus Paham!

Contoh kursi yang bikin kamu membungkuk

Kursi dan meja merupakan properti yang sering kita jumpai hampir di mana pun.  Kita sering menggunakan kursi dan meja untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Mulai dari makan, kerja, hingga bersantai.

Peran meja dan kursi sangat berpengaruh bagi postur kita saat duduk. Dan postur sangat erat kaitannya dengan kesehatan kita untuk jangka panjang. Kamu bisa mencoba membungkukkan badan dan menunduk, selanjutnya tekuk bahu kamu ke dalam, kemungkinan besar napas akan terasa berat. Itu terjadi karena ruang untuk kembang kempisnya paru-paru menjadi lebih sempit.

Nah, pegel kan kalau duduk seperti itu?

Secara alamiah, postur membungkuk lebih erat dengan emosi sedih. Sedangkan secara keenergian, emosi sedih dapat menurunkan energi dibandingkan marah atau semangat yang arah energinya naik ke atas. Begitu juga sebaliknya saat dada membusung, emosi semangat atau marah lebih mudah muncul dibanding emosi-emosi yang energinya turun.

Di Indonesia sendiri, banyak kasus orang dengan tinggi badan di atas rata-rata mempunyai postur yang cenderung membungkuk. Itu terjadi karena orang yang tinggi selalu melihat ke arah yang lebih rendah dari posisi idealnya. Hal tersebut terjadi berulang-ulang sampai akhirnya menjadi kebiasaan.

Berlama-lama duduk dengan posisi seperti ini juga akan berpengaruh pada tulang belakangmu

Efek dari Postur Tubuh Bungkuk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, postur yang bungkuk berpotensi menyebabkan masalah dalam jangka panjang. Mulai dari stamina (nafas) yang jadi pendek, masalah otot, bahkan mampu menjadikan seseorang pemurung. Maka penting bagi kita untuk memperbaiki postur duduk, apalagi bagi kamu yang aktivitas sehari-harinya lebih banyak duduk.

Kamu mau masa tuamu seperti ini?

Postur duduk yang paling baik adalah posisi tegap. Lebih baik kita membuka bahu dan melapangkan dada daripada mencondongkannya ke depan. Jika terasa berat dan belum terbiasa, kamu dapat memilih posisi bersandar daripada membungkuk.

Untuk mengubah postur duduk, kita perlu menyadari posisi duduk. Saat kita sadar bahwa tubuh kita mulai membungkuk, maka segeralah tegapkan badan. Jika pegal lebih baik sandarkan tubuh kita pada kursi, di sinilah peran penting kursi yang kita pilih.

Terapi Reposisi Sendi? Apaan, Tuh?

Selain itu, disarankan juga bagi kamu untuk mendapatkan terapi reposisi sendi khususnya area sendi tulang belakang. Karena jika postur tubuh sudah lama membungkuk, maka otot dan sendi tulang belakang akan terbiasa dalam posisi yang tidak normal. Jika terlalu lama dibiarkan, maka dapat menyebabkan kekakuan di beberapa area otot (otot kasep kalau orang Jawa bilang). Untuk mendapatkan terapi reposisi sendi, tentunya kamu perlu bantuan dari terapis yang berpengalaman.

Nih, posisi duduk yang benar

Di Rumah Sehat Toms Hepi, reposisi sendi merupakan terapi utama di samping penggunaan bahan-bahan herbal. Reposisi sendi adalah terapi dengan konsep dasar mengembalikan posisi sendi yang bergeser karena aktivitas sehari-hari. Saat sendi kita berada pada posisi yang baik, maka otot,urat, atau saraf juga akan berada di posisi yang baik pula.

Reposisi sendi merupakan terapi yang akan memberikan banyak manfaat lebih luas dibandingkan terapi pijat. Selain itu, terapi reposisi juga dapat merilis kelelahan di area tubuh kita, sehingga cocok dipilih sebagai relaksasi.

Ciyee.. ada yang mulai penasaran nih, kepoin yuk!

Penasaran dengan terapi reposisi sendi? ─ Konsultasikan terlebih dahulu di Rumah Sehat Toms Hepi ─ Kami tunggu, ya!

Kategori: Kesehatan