Raih kebahagiaan tanpa syarat ─ tidak menggantungkan kebahagiaan kepada seseorang ─ karena bahagia datang dari dalam dirimu.

Di rumah aku bahagia

Dalam sebuah interview di sebuah Live Instagram, Master Tomy menjelaskan tentang positive thinking dan positive feeling untuk meraih kebahagiaan tanpa syarat.

Mana yang lebih kita dahulukan dalam meraih kebahagiaan, positive thinking atau positive feeling?

Di tempat umum aku bahagia

Kita sering mendengar istilah positive thinking, bahkan saking seringnya istilah itu menjadi sebuah template seorang motivator untuk memotivasi kliennya. Tanpa kita sadari bahwa sebenarnya bahagia itu terletak pada rasa atau feel (soul)

 

Terlebih dahulu kita harus mengetahui bahwa keduanya (pikiran dan perasaan) memiliki tempat yang berbeda dalam diri manusia. Jika kita terlalu over thinking, maka kepala kita terasa pusing. Sedangkan ketika kita over feeling, maka dada kita terasa sesak. Itu menandakan bahwa keduanya memiliki letak yang berbeda. Pikiran terletak pada otak, sedangkan perasaan terletak di jantung (Qolbu).

 

Di tempat kerja aku bahagia

Ada 5 emosi dasar manusia, Marah, Sedih, Senang, Takut, dan Cemas. Senang berbeda dengan bahagia. Senang terjadi karena adanya lonjakan energi ke atas, sedangkan bahagia pergerakan energi cenderung stabil dan lancar. Karena bahagia soal rasa nyaman, tenteram, dan stabilnya perasaan. 

Dari penjelasan di atas, seharusnya perasaanlah yang semestinya kita dahulukan untuk meraih kebahagiaan. Sebisa mungkin kita dituntut untuk selalu positive feeling, sebisa mungkin kita mengolah setiap rasa yang datang pada diri kita. Ketika perasaan kita stabil, maka pikiran kita juga ikut stabil.

Di jalan aku bahagia

Lalu bagaimana cara mengolah perasaan kita agar tetap stabil?

Manusia adalah makhluk yang mempunyai sistem bawah sadar yang terbentuk dari data yang ditangkap oleh indera. Data itu yang nantinya tersimpan dalam memori dan ingatan, dan membentuk sistem pemrograman yang mirip dengan komputer if… then… Jika kita patah hati, kemudian kita galau. Program data itu yang sejak kecil kita terima dan tertanam di bawah sadar kita. 

 

Seiring berjalannya waktu, program itu terus menerus terasah sehingga tercipta sebuah automatisasi sistem yang membentuk perilaku, dan perbuatan manusia. Untuk menghentikan program automatisasi  ini, kita perlu menyadari – mengenali – menerima kehadiran masing-masing emosi yang hadir, lalu membuangnya.

Dimana-mana aku selalu bahagia

“Wahai sedih, aku tahu kamu ada di dalam diriku, saat ini kamu sedang datang menghampiriku, aku menerima kehadiranmu, tapi tolong kehadiranmu ini jangan terlalu lama, segera pergi dari diriku, karena aku tidak mau kebahagiaanku terusik karena kedatanganmu.” Tarik nafas melalui hidung lalu hembuskan perlahan lewat mulut. Kurang lebih seperti itu yang diajarkan oleh Master Tomy.

Lakukan hal ini, maka kebahagiaan akan selalu datang menghampirimu.

Kategori: Kesehatan