Penting banget menjaga postur tubuh kita untuk kesehatan. Tulang atau kerangka merupakan fondasi tubuh manusia, khususnya tulang belakang. Semua organ termasuk organ dalam kita bersandar pada tulang belakang.

Sebelum sampai ke otak, saraf besar manusia menjadikan tulang belakang sebagai jalur saraf. Di sepanjang tulang terdapat belakang banyak sendi, saat sendi ini bergeser (dislokasi) posisi otot dan organ pun juga bergeser. Hal tersebut bisa menyebabkan masalah, seperti susah jalan karna saraf terjepit. Tidak hanya itu, banyak masalah yang ditimbulkan dari masalah postur tubuh yang kurang baik.

Penyebab terjadinya perubahan postur sangat banyak, bisa karena jatuh atau terkena benturan keras, terlalu sering mengangkat beban yang berat, bahkan kebisaan memakai dompet di satu sisi selama bertahun-tahun.

Ciri dari postur yang kurang baik bisa dilihat dari banyak hal, seperti kaki panjang sebelah, postur pinggul yang miring, bahu miring atau otot yang tidak simetris antara kiri dan kanan.

Cara sederhana Untuk mengetahui postur tubuh kita miring atau tidak simetris adalah dengan cara, kita berdiri senyaman mungkin di depan cermin, jika terlihat ada kemiringan di kepala atau posisi bahu tidak sama tinggi maka tejadi kemiringan juga di tulang belakang. Jika dibiarkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Untuk memperbaiki postur tubuh kita harus menjaga postur kita dalam kondisi yang bagus, memberi dispensasi pada tubuh kita, semisal jika dalam pekerjaan kita sering miring ke kiri, kita juga harus memiringkan tubuh ke kanan. Jika kita sering bungkuk maka sering sering menarik tubuh ke belakang, dan yang tak kalah penting adalah mereposisi sendi.

Reposisi merupakan proses mengembalikan posisi sendi yang bergeser (dislokasi) ke posisi semestinya dengan teknik yang manual. Banyak yang merasakan manfaat dari reposisi sendi ini. Badan akan terasa lebih nyaman setelah melakukan reposisi sendi. Postur tubuh perlahan-lahan mulai kembali ke posisi yang seharusnya, yang awalnya sedikit-dikit bersender bisa duduk lebih lama tanpa senderan. Dan masih banyak manfaat lain dari reposisi sendi.

Buat temen-temen yang punya masalah perihal postur bisa terapi reposisi sendi di Rumah Sehat Toms Hepi. Khusus buat kamu yang tidak bisa berkunjung, kini tersedia layanan homecare. Jadi kamu tidak perlu pulang pergi buat terapi, terapi bisa dilakukan di mana saja asal tempatnya memungkinkan, kamu tinggal order saja di kontak yang kami sediakan, lalu tim kita yang datang ke tempat kamu.

 

 

Penulis :

Budi Purnomo

Kategori: Kesehatan