Banyak dari kamu yang mungkin masih beranggapan bahwa ketika mengonsumsi herbal tidak akan menimbulkan efek samping. Mungkin karena bahan alami, organik, dan alasan-alasan yang lain. Bisa dipahami karena banyak informasi di internet yang menyatakan demikian.

Tapi tahukah kamu? Jika kamu salah konsumsi, dan herbal tersebut tidak sesuai dengan kondisi kamu, bisa berakibat fatal?

Ada sebuah cerita nyata yang ini sering kami ulang-ulang, bukan untuk menakut-nakuti tapi sebagai pengingat agar kita semua waspada dan hati-hati.

Pada suatu ketika ada seorang anak yang datang kepada kami mengeluhkan kondisi ibunya yang sedang mengalami sakit, kanker payudara. Setelah berkonsultasi dengan mengirimkan foto lidah (karena tidak bisa datang langsung) dan menjawab beberapa pertanyaan yang kami ajukan, kami pun memutuskan untuk mengirimkan herbal custom yang notabene herbal kelas atas dan biasa kami gunakan untuk kasus-kasus berat. 

Walhasil setelah dikonsumsi, kondisi ibu tersebut perlahan membaik yang awalnya harus bed rest, kemudian dapat beraktifitas kembali. Tapi entah dapat informasi dari mana, mungkin dari saudara atau teman-temannya, beliau mengonsumsi herbal entah herbal apa tanpa sepengetahuan kami, kondisi beliau drop kembali.

Hal tersebut berulang sampai tiga kali, tapi yang ketiga kami mendapat kabar bahwa beliau koma dari anaknya yang buru-buru datang ke tempat kami. Setelah kami tanya ternyata beliau habis mengonsumsi rebusan daun sirsak dan kunyit putih. Memang popular untuk kangker, tapi belum tentu cocok untuk semua kondisi. Kami pun langsung menyarankan anaknya untuk segera pulang ke rumah. Benar, pesawat belum landing, kami mendapat kabar bahwa ibunya telah wafat. 

Ada sedikit sesal dari kami, mengapa tidak mengonsultasikan dulu kepada kami sebelum mengonsumsi herbal. Tapi kami memahami, mungkin karena beliau sangking inginnya untuk sembuh, atau memang ini  adalah sesuatu diluar kendali kami.

Itulah seklumit cerita dari kami, semoga membawa manfaat. Tetap hati-hati dalam mengonsumsi herbal, dan selalu konsultasikan kepada ahlinya.